Just Some Place To Store My Memories...

Monday, December 10, 2012

Naif ataukah Bodoh

Terkadang saya berpikir...
Saya ini tipe orang yang mudah percaya dengan orang lain.
Mungkin juga saya ini orang yang jarang punya prasangka terhadap orang lain. Tiap kali berkenalan dengan teman baru, saya selalu cenderung melihat orang dari sisi baiknya saja. Saya selalu menganggap bahwa orang lain itu apa adanya seperti halnya saya.
Dan saya selalu beranggapan, bahwa jika kita baik kepada orang lain, maka orang itupun akan baik kepada kita, dan jika kita menghormati orang lain maka orang lain juga akan menghargai kita.
Tapi apakah dunia ini menganut aturan seperti itu?
mungkin saya tak pernah bertanya begitu pada diri saya sendiri. Ya... saya selalu lupa bahwa dunia ini TIDAK berpikir seperti halnya saya.


Seperti halnya ketika satu dua orang teman kerja baru saya berkata ingin meminjam handphone saya untuk melihat2 fiturnya, saya tak pikir panjang dan langsung meminjamkan. Saya juga tidak mengawasi apa saja yang mereka lihat dari ponsel saya. Saya hanya berpikir mungkin mereka ingin membandingkan fiturnya dan melihat2 koleksi musik atau game yang saya punyai. *memangnya mereka itu saya, yang suka tuker2an mp3 sama game hp....
Saya ngga berpikir kalau mereka bakal buka2 sms dan foto2 pribadi milik saya... untuk digunakan sebagai bahan gosip...

Saya ngga berpikir... untuk sekedar mengawasi selama gadget saya dipinjam...


Dan beberapa kali terjadi, orang bercerita pada saya dengan sikap yang mengundang iba serta simpati, dan saya langsung percaya... Tanpa mencoba untuk mendengar versi cerita dari pihak lain... Tanpa mengecek kebenarannya... dan pada akhirnya saya tahu kebenarannya dengan mata saya sendiri, bahwa ternyata saya telah berdiri di pihak yang salah.
Saya sering merasa bodoh...
Saya selalu mengira orang lain sama jujurnya dengan saya...

Dan ketika seseorang tiba2 perhatian dan baik kepada saya, yang pertama terlintas di pikiran saya adalah hampir selalu "mungkin orang ini ingin berteman dengan saya". 
Di saat orang2 terdekat saya berpikir "orang itu pasti ada maunya".
Dan memang sering terbukti bahwa orang2 terdekat sayalah yang benar...



Ibu saya selalu berkata bahwa saya ini naif... Teman-teman dan sahabat saya sebagian ada yang bilang saya ceroboh, lugu, ada juga yang bilang kalau saya ini bodoh dan perlu lebih waspada.

Namun saya masih sulit untuk merubah pola pikir saya yang sangat jarang berprasangka...
Sulit rasanya memahami bahwa tak semua orang yang kita anggap baik bisa dipercaya.
Sukar untuk dinalar bahwa orang yang kepada siapa kita bersikap baik, bisa mengkhianati kita.

Saya tergolong orang yang tidak pandai menilai orang lain. Mungkin juga ini karena saya orangnya terlalu pendiam dan jarang bergaul. Tapi saya akan belajar untuk lebih cermat dalam menilai orang. Lebih teliti dalam melihat profil orang agar saya lebih waspada.

Saya memang punya banyak pengalaman buruk dalam hal mempercayai orang. Terkadang saya jadi agak takut pada dunia luar.
*Trus kalau takut saya mau ngapain? apa saya harus selalu mengurung diri di pojokan sambil cuil2 lantai...



Ya, saya sadari kalau saya mesti lebih banyak belajar untuk bisa mengenal karakter orang dan jadi orang yang lebih hati2 agar tak mudah dibohongi atau ditipu. Tak semua orang yang kita kenal bisa dijadikan teman.
Dan saya harus selalu mengecek kebenaran suatu informasi dari berbagai pihak sebelum mengambil kesimpulan.

Sekian kegalauan saya malam ini, good night everyone...

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...