Just Some Place To Store My Memories...

Friday, November 24, 2017

Cara Hosting Image di Blogger

Halo, teman2 pembaca blog saya

Setelah kejadian Photobucket menghentikan fitur 3rd party pada layanan free image hosting mereka, saya jadi mikir, bahwa memang paling aman nyimpen gambar ya di situs kita sendiri ya. Sebab gara2 penghentian fitur tersebut banyak blog yang sudah menyimpan background dan elemen blognya disana, tampilannya jadi berantakan sebab file gambarnya tidak tampil dan sebagai gantinya muncul gambar seperti di bawah ini. Hhmm.. nggak asyik kan...

Layanan 3rd party bagi free account di photobucket sudah tidak ada lagi
Jika pengguna mau bisa menggunakan layanan tersebut maka harus upgrade ke program berbayar

Paling aman dan juga gratis, kita hosting gambar blog di situs kita sendiri. Kalau kita pengguna blogspot ya paling amannya kita simpan file foto2 blog kita di blogger. Tapi gimana caranya, kan Google Picasa sudah tidak tersedia?


Kita ingin simpan gambar di akun blogger kita dimana mudah untuk kita dapatkan url nya.
Mari saya jelaskan langkah2nya.

1. Pada dashboard blogger, klik ‘Entri Baru’
Nggak, kita bukannya mau bikin postingan koq, kita niat numpang lewat upload gambar aja. Entrinya ga perlu dikasih nama, apalagi sampai cari wangsit segala buat mikir judul entri, kelamaan :D
Ntar juga entrinya tidak untuk disimpan, boleh dihapus kalau kita sudah selesai upload gambar.

2. Pada halaman entri baru, Klik ikon yg buat upload picture.

3. Setelah gambar yang kita upload tampil di halaman, select gambar tersebut dengan klik kiri mouse sampai kelihatan tampilan gambar terblok warna.


4. Pada gambar yang telah diselect (yg terblok warna), klik kanan mouse



5. Pada menu klik kanan, akan terlihat opsi ‘Copy image address’, klik kiri disitu, maka akan kita dapatkan lokasi gambar yang telah kita upload tadi.

6. Cek lokasi gambar, kita pastekan image address yang sudah kita dapat barusan di tab baru. Maka akan terlihat seperti berikut.



Biasanya url gambar dibutuhkan untuk gambar yang akan kita jadikan bagian desain blog kita, untuk keperluan edit template. Selain itu juga kita perlu link alamat url untuk gambar yang ingin kita tampilkan secara berulang pada beberapa postingan kita.

Untuk gambar2 yang bakal kita maintenance seperti Blogwear, background atau elemen lain bagian dari desain blog kita, juga untuk gambar yg bakal kita gunakan berulang (misal : signature, post pretty, dll), kita bisa simpan dalam catatan semua url gbr yang kita upload. Kita bisa pastekan kumpulan url tersebut di catatan notepad untuk disave.
Atau kita bisa buka https://get.google.com/albumarchive/ dan dapatkan url gambar kita disana. Tutorial soal Google album archive pernah saya posting di SINI.

Pada Google album archive
Klik kanan pada gambar yang ingin kita dapatkan url nya

Sekian artikel saya tentang hosting gambar di blogger.

Ke depannya saya akan posting artikel lagi tentang ngeblog. Sebab saya juga blogger newbie, jadi tutorial dan info yang saya pelajari dan saya anggap penting akan saya posting disini agar jadi catatan pengingat buat saya juga.


Jika semisal teman2 blogger ada yang berminat untuk mengajak tukeran link dengan blog ini, maka beritahu saya dengan meninggalkan komentar di postingan atau menghubungi lewat email yang sudah tertera di bagian kontak. Silahkan follow blog saya untuk mendapatkan pemberitahuan setiap kali ada update artikel baru.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...