Just Some Place To Store My Memories...

Wednesday, November 22, 2017

Setelah Layanan Picasa Dihentikan, Dimana Foto Blog Saya Disimpan Saat Ini?

Halo Pembaca, ketemu lagi dengan tips dari saya

Jadi ceritanya begini, saya sempat tidak update blog selama beberapa bulan, dan ketinggalan berita banget bahwa layanan Google Picasa sudah dihentikan. Sebagai gantinya, ada layanan baru yang namanya Google Photos. Ketika saya buka Google Photos untuk pertama kalinya, nah lho foto2 blog saya yang dulu disimpan dimana? Koq cuma sebagian dikit yang tersimpan disana dan sisa lainnya ngga ada.  Padahal foto2 tersebut masih nampang lho di artikel blog saya. Ada beberapa image lama yang dulu saya simpan di Picasa dan ingin saya download. Dan mulailah saya browsing soal ini dan ternyata banyak juga blogger mancanegara yang sama2 kebingungan, aih sama dong >.< yang telat inpo bukan cuma saya doang. Setelah kepo baca2 sana sini akhirnya saya nemu juga jawabannya.


Ternyata, disinilah foto2 yang dulu kita upload ke Picasa disimpan. Kita bisa buka di : https://get.google.com/albumarchive/

Pertama, kita login dulu ke akun google yang kita punyai, baru kita buka link halaman yang sudah saya sebutkan. 


Ketika sampai di halaman album archive akun kita, disana kita klik album Photos from Blogger.

Di dalam Folder Photos from Blogger tersebut ada folder dengan nama judul blog kita. Kita bisa klik untuk memunculkan foto2 blog yang dulu kita upload ke Picasa maupun via Blogger.

Cara download fotonya, kita klik gambar yang ingin kita download sampai satu gambar tersebut muncul di halaman tersendiri. Lalu kita cari opsi di bagian kanan atas layar. Pada gambar di bawah, saya lingkari tombol yang perlu diklik untuk memunculkan opsi download photo.

Dari halaman di gambar ini kita bisa download dan delete foto.

Sumber Referensi : 


Sekian tips dari saya seorang blogger newbie. Semoga bermanfaat^^
Jika kalian blogger juga dan ingin tukeran link, beritahu saya ya. Terima kasih sudah berkunjung kesini.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...