Just Some Place To Store My Memories...

Monday, November 27, 2017

Perpustakaan Umum Sidoarjo, Tempat Membaca Yang Menyenangkan

 Halo, pembaca yang ceria

Kali ini saya mau berbagi cerita soal tempat meminjam buku gratis yang oke banget di Sidoarjo. Jadi gini nih, sebenarnya saya ini dari SD sudah suka banget baca. Nah pas pas SMU dulu saya tahu tentang perpustakaan umum Sidoarjo, nama lengkap tempatnya adalah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo. Saya pun mendaftar ke sana. Syaratnya sangat mudah waktu itu, hanya menunjukkan kartu pelajar dan mengisi form pendaftaran. Saya biasa membaca disana sekitar 2 jam dan pulang membawa buku pinjaman. Waktu itu ruangan perpustakaannya masih sederhana dan belum menggunakan pendingin ruangan.
Semenjak saya kuliah lalu bekerja, saya jadi jarang banget datang kesana. Ketika saya pindah tempat tinggal, saya jadi tidak pernah kesana selama bertahun2. Beberapa minggu sebelum menulis artikel ini, saya banyak seliweran di area Sidoarjo kota. Ketika berpikir dimana saya bisa meminjam buku bacaan, maka teringatlah dengan perpustakaan umum ini. Setelah bertahun2, akhirnya saya mengunjungi perpustakaan umum Sidoarjo lagi. Saya pangling ketika berdiri di depan bangunannya. Kini jadi jauh lebih bagus.


Gambar 1 Tampak Depan Bangunan


Dihalamannya tersedia tempat parkir berpaving yang memadai untuk pengunjung. Ada petugas keamanannya juga. Setelah melewati halaman, pengunjung baru akan melihat meja resepsionis. Berikut ini akan saya jelaskan alur pendaftaran yang saya lakukan untuk memperoleh kartu anggota perpustakaan.
Pertama, saya menunjukkan KTP saya ke petugas di meja resepsionis yang ada di area masuk dan menyampaikan keperluan saya untuk mendaftar anggota.


Gambar 2 Resepsionis dan Informasi

Kemudian saya dan pengunjung lainnya yang hendak mendaftar akan dipandu untuk memulai pengisian data formulir secara online di komputer yang ada di sebelah kubikal resepsionis.


Gambar 3 Area Komputer Tempat Pengisian Data dan Scan Kartu Pengunjung
          
Setelah selesai mengisi formulir online dan submit data, maka kita akan memperoleh nomor anggota yang kita catat di secarik kertas kecil. Kemudian kita bawa catatan nomor anggota ke ruang sebelah untuk pas foto dan mendapatkan cetak kartu anggota. Pendaftaran anggota baru sampai kartu saya tercetak, tidak dikenai biaya sepeserpun lho, seneng kan.


Gambar 4 Ini adalah meja tempat pengunjung mendaftar untuk pas foto 
dan cetak kartu anggota


Gambar 5 tempat foto dan cetak kartunya di ruang yang sama dengan ruang baca anak2

Setelah menunggu sebentar dan kartu anggota telah jadi, saya kembali ke meja resepsionis depan untuk melapor. Disitu saya diberi tahu cara menscan kartu saya agar terecord di data online buku tamu pengunjung. Saya tinggal mendekatkan barcode pada kartu anggota saya ke scanner yang ada di samping komputer di meja terdekat dengan resepsionis. He he sudah canggih sekarang. Kalau dulu waktu jaman saya SMU, saya mesti nulis pakai bolpen di semacam buku  tamu bergaris. 


Gambar 6 Begini tampilan Kartu Anggota yang sudah tercetak
gambar kedua di atas adalah bagian belakangnya

Setelah menscan kartu, saya diberitahu bahwa dilarang membawa tas ke ruang baca. Ada fasilitas loker untuk menitipkan barang. Saya diminta menitipkan KTP atau kartu identitas sebagai syarat untuk meminjam kunci loker.


Gambar 7 Loker Penitipan Barang

Saya memasukkan barang saya ke loker sesuai nomor yang tersemat di kunci. Kemudian kuncinya saya bawa. Dari area loker saya berbelok ke selasar sebelah kanan dan menaiki tangga untuk menuju Ruang Baca di lantai atas.


Gambar 8 Tangga menuju Ruang Baca


Gambar 9 Disinilah letak Ruang Baca

  
Gambar 10 Inilah ruang bacanya

         Setelah masuk ke ruang baca, di sebelah pintu ada meja petugas dimana pengunjung memproses peminjaman dan pengembalian buku. Di tengah ruangan ada komputer dimana kita bisa mencari judul buku di data katalog perpustakaan. Koleksi buku disini dilabeli dengan rapi, masing2 rak punya label kategori sesuai tema bukunya. Buat para mahasiswa pasti ini akan sangat berguna untuk melengkapi referensi.


Gambar 11 Label di Lemari Buku


Gambar 12 Di Bagian ini juga tersedia koran dari berbagai penerbit
Sepertinya juga terlihat ada koleksi majalah

      Koleksi buku di sini lumayan beragam dan banyak lho. Mulai dari buku2 agama, psikologi, novel indonesia, novel terjemah, sampai buku memasak dan cara mengkreasikan jilbab pun ada :D Sapa coba yang ngga seneng. Di sini ruangannya sangat nyaman dengan dilengkapi pendingin ruangan dan juga bangku2 baca yang lebar. Disini nyaman banget buat bikin PR dan belajar semisal kalau rumah lagi ramai, bisa nih ngungsi dimari^^ Saya melihat beberapa orang bekerja dengan laptop dan buku2 disamping mereka. Bawa laptop trus bikin artikel blog di ruang baca kayaknya enak itu, suasananya tenang jadi bisa konsen. Buat yang nyari tempat belajar kelompok juga mendukung banget disana. Ada meja2 besar yang dikelilingi kursi. Tapi tempat ini kan ruang baca ya, jadi wajib tenang dan dilarang berisik apalagi nyetel dangdut ya :D Hape juga wajib disilent. Oh ya, dilarang makan di dalam ruang baca ya. Kalau mau makan minum baiknya turun ke kantin atau warung di sekitarnya.
          Jika mau meminjam buku, oleh petugas kita akan diminta menunjukkan kartu anggota dan menuliskan nama dan no anggota di kartu riwayat peminjaman yang biasanya ada di bagian halaman paling belakang buku. Lalu kita akan diberi print struk yang berisi daftar buku dipinjam dan tanggal pengembalian. Struk tersebut sebaiknya dibawa lagi pada saat pengembalian. Peminjaman buku tidak dikenakan biaya sama sekali. Waktu pinjam adalah 1 minggu.


Gambar 13 Struk Peminjaman

           Artikel soal Perpustakaan bisa dibaca di SINI.  Situs resmi perpustakaan Sidoarjo di SINI
         Jadi jika kalian sedang bosan di rumah, pengen baca aneka buku sepuasnya dengan gratis di ruangan yang nyaman, datang saja kesini pada jam buka. Kalau kalian sedang nunggu jemputan atau ada spare time janjian di area sidoarjo kota, buat ngisi waktu sembari nunggu, masuk saja ke ruang baca, ngiyup, ngadem santai sambil baca2 kan nyaman tu. Ketimbang nunggu di kafe, ngabisin waktu di mall atau di warung yang ngabisin duit, he he... Disini juga ada ruang baca anak lho yang nyaman suasananya. Jadi yang punya anak kecil bisa diajak kesini untuk membudayakan membaca.

         Saya salut dengan pemerintah daerah Sidoarjo yang sudah memberikan fasilitas yang demikian bagus dan gratis bagi warganya. Saya harap pelayanan baik yang sudah ada terus dikembangkan. Perpustakaan ini adalah tempat hiburan yang gratis dan mendidik. Kalau lagi bosan di rumah, ketimbang luntang lantung ga jelas tujuan, mending kesini aja, bisa nambah ilmu.
         Saya rasa sekian dulu liputan saya. Kalau kalian yang bertempat di Sidoarjo, biasanya minjem buku dimana? 
         

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...